Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 4, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Cara Hapus Riwayat Pesanan / Pembelian di Shopee

Jika kita buka akun Shopee kita, kemudian menuju ke “menu saya”, kemudian pilih “lihat riwayat pesanan”, maka disitu akan ada pesanan-pesanan yang sudah pernah kita lakukan di Shopee. Pertanyaan pun muncul, adakah cara untuk menghapus riwayat pesanan ini?

Rupa-rupanya tidak ada cara untuk menghapus riwayat pesanan yang ada. Di situ cuma ada pilihan “beli lagi”.

Satu-satunya cara untuk menghapus riwayat pembelian di Shopee adalah dengan cara membuat akun shopee yang baru, alias menghapus akun yang lama. Karena kalau kita mencari cara yang ada di Shopee, justu tidak ada caranya untuk menghapus pesanan yang pernah kita lakukan (tidak ada pilihannya).

Ada banyak tutorial di internet untuk menghapus riwayat pesanan Shopee, yakni caranya dengan “menghapus cache dan data”. Menghapus cache dan data dari aplikasi tersebut di biasanya di pengaturan HP kita, kemudian ke “aplikasi”, kemudian ke “Shopee”. Nah di situ ada pilihan “penggunaan data”. 

Misalnya kita hapus “penggunaan data” tersebut, maka kita akan logout dari aplikasi Shopee kita. Pas kita buka dan login kembali di Shopee, maka bisa dilihat riwayat pesanannya kembali muncul (dan tidak bisa dihapus). Jadi satu-satunya cara yakni dengan membuat akun baru saja, guys.

Kemudian muncul pertanyaan lain, kenapa Shopee tidak memberikan fitur atau pengaturan untuk menghapus riwayat pesanan kita?

Alasannya adalah kemungkinan agar pembeli bisa lebih mudah melakukan pembelian ulang, misalnya pembelian pulsa, pembelian kuota internet, atau pembelian listrik kuota listrik PLN, itu langsung saja klik “beli lagi”. 

Alasan kedua, kemungkinan sebagai arsip pembeli karena biasanya pembeli ini suatu saat pasti memerlukan yang namanya “catatan pembelian”nya di masa lalu. Jadi biar nggak kalang-kabut mencari, tinggal buka riwayat pesanan di Shopee.

Tapi meski begitu banyak juga orang yang ingin menghapus riwayat pesanan ini, agar misal suatu saat hp-nya dipinjam oleh teman ataupun keluarganya, privasinya dalam berbelanja tidak bisa di lihat oleh orang lain. Kali aja ada teman atau kerabat yang minjem HP, kemudian buka shopee, kemudian melihat riwayat belanja kita, kan bisa ketahuan. 

Oke jadi itulah dia informasi kalau satu-satunya cara untuk menghapus riwayat pembelian di Shopee, adalah dengan “membuat akun baru”. Semoga bermanfaat ! (af)


Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here