Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 4, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas (Broker) Yang Tepat

Salam Investasi! Dalam berinvestasi saham, kita tak bisa langsung membeli saham di bursa (pasar modal). Seorang investor dalam berinvestasi saham harus melalui yang namanya perusahaan sekuritas (broker). Perusahaan sekuritas inilah yang menjadi ‘perantara’ antara investor dan bursa, sesuai dengan Undang-Undang tentang Pasar Modal di Indonesia.

Dengan vitalnya peran dari perusahaan sekuritas (broker) di atas, maka seorang investor tidak boleh sembarangan dalam memilih broker. Pilihlah broker yang tepat dan bisa dipercaya serta memiliki tim manajemen yang mumpuni.

Bagaimana tips memilih perusahaan sekuritas yang tepat?

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas



Langsung saja, berikut ini adalah kriteria dalam memilih perusahaan sekuritas, antara lain:

1. Perhatikan modal setor perusahaan, apakah melebihi modal yang ditentukan Bapepam atau tidak. Kelebihan modal ini bisa menjadi ukuran adanya likuiditas perusahaan
2. Bagaimana marketing/pemasaran dari perusahaan sekuritas tersebut
3. Apakah perusahaan mempunyai riset yang bisa diandalkan, baik berdasarkan pendekatan fundamental maupun teknikal
4. Bagaimana sistem pembayaran transaksi saham
5. Bagaimana manajemen perusahaan sekuritas tersebut
6. Apakah perusahaan sekuritas tersebut menyelenggarakan pertemuan rutin dengan investor (bisa harian, mingguan ataupun bulanan)
7. Apakah perusahaan sekuritas memiliki lisensi lain semisal penjamin emisi, atau hanya sebagai perantara pedagang efek.

Penting bagi kita sebagai investor untuk memahami bagaimana kriteria perusahaan sekuritas yang baik. Dan 7 poin di atas merupakan kriteria yang perlu anda pertimbangkan dalam memilih perusahaan sekuritas. 

Pikirkan dulu matang-matang sebelum anda memilih perusahaan sekuritas. Apakah perusahaan tersebut lebih banyak menguntungkan investor? Apakah bisa dipercaya? Apakah memiliki pengalaman dan rekam jejak yang bagus?

Semua pertanyaan di atas harus anda cari tahu. Sering-seringlah mencari review dari perusahaan sekuritas yang sudah masuk ke ‘radar’ anda. Intinya jangan malas untuk Googling!!
Semoga artikel di atas mampu memberikan manfaat bagi anda semuanya.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here