Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Apr 24, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Apakah Bagus, Resign di Tempat Kerja dan Fokus di Bisnis Online?

Apakah bagus, resign dari tempat kerja dan fokus di bisnis online?

Jawabannya adalah, TERGANTUNG situasi dan kondisi.
Meski begitu, banyak master bisnis online yang tak menyarankan hal itu, lantaran berbagai sebab dan situasi.
Ilustrasi dari Pixabay
Sebenarnya resign dari tempat kerja dan fokus di bisnis online bukanlah hal yang dilarang. Hanya saja, sangat tak dianjurkan untuk mengambil ‘resiko’ tersebut.
Kebanyakan dari mereka yang ingin resign (mungkin) karena melihat penghasilan para master bisnis online yang sangat menggiurkan. Sementara itu, mereka tak mengetahui proses panjang yang melelahkan dan ‘berdarah-darah’ yang sudah dilalui para master sebelum sukses.
Jadi bagi yang ingin resign dan fokus di bisnis online — harap perhatikan situasi anda sekarang.
Anda boleh resign dari tempat kerja dan fokus di bisnis online, asalkan:

1. Memiliki tabungan untuk ‘bertahan hidup’, minimal untuk jangka waktu 1 tahun
2. Belum berkeluarga (single)
3. Tidak punya tanggungan
4. Tidak punya hutang
5. Punya orang tua yang mapan.
Anda TIDAK DIANJURKAN resign apabila:

1. Tak punya tabungan
2. Memiliki tanggungan
3. Sudah berkeluarga
4. Memiliki hutang
5. Orang tua penghasilannya pas-pasan.
Sebelum anda memutuskan untuk berhenti bekerja dan memilih fokus di bisnis online, perhatikan-lah situasi anda sekarang. Jadi referensinya bisa anda lihat pada situasi yang dijelaskan di atas — apakah anda memenuhi syarat atau tidak. Apabila anda tetap nekat untuk resign meski tak punya tabungan dan lain-lain, maka anda harus siap menanggung segala resikonya.
Yang patut anda ketahui, bisnis online bukanlah sulap ataupun sihir yang bisa membuat anda kaya dalam sekejap. Biasanya ‘iming-iming’ kaya secara cepat — arahnya justru ke MLM atau money game. Kalau THE REAL BISNIS ONLINE tidak seperti itu. Bisnis online juga membutuhkan kerja keras, komitmen, fokus, konsisten, tenaga, waktu dan pikiran yang harus tercurah secara maksimal.
Bisnis online bukanlah sesuatu yang instan, karena kalau bisnis online instan — maka semua orang bisa kaya dengan mudah. Kalau begitu keadaannya, mungkin semua orang akan fokus di bisnis online dan meninggalkan bisnis ataupun profesi di dunia nyata.
Kenyataan yang sesungguhnya, bisnis online itu harus realistis, harus siap kerja keras dan harus siap gagal. Jadi, proses kesuksesan di bisnis online itu sama saja dengan bisnis non online, yakni kerja, kerja dan kerja. Camkan itu!
Kesimpulannya, bagi anda yang ingin resign dan fokus di bisnis online, anda harus memperhatikan situasi anda — apakah memungkinkan atau tidak. Apabila memungkinkan, anda bisa langsung RESIGN dan fokus total di bisnis online. Sebaliknya apabila situasi anda tidak memungkinkan — masih ada cara yang bisa dilakukan, yaitu tetap menjadi karyawan — namun punya usaha online sampingan. Niscaya perlahan-lahan anda akan mengerti seperti apa ‘medan pertempuran’ bisnis online itu. Pekerjaan anda pun tetap aman untuk menopang hidup, dan bisnis online sampingan anda juga jalan.
Baca juga:



Demikian artikel singkat dari kami mengenai kemungkinan resign dari tempat kerja dan fokus di bisnis online. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here