Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Feb 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Cara Pasang Iklan di Facebook (Facebook Ads)

Murah dan menghasilkan konversi yang bagus! Itulah ‘daya tarik’ tersendiri bagi mereka yang beriklan di Facebook (Facebook Ads). Hanya saja, itu semua berlaku bagi yang sudah mahir dalam menargetkan audiens sebelum memasang iklan di sana. Apabila belum mahir, maka yang didapat hanyalah kerugian — lantaran konversi yang terjadi tak sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Bahkan ada juga yang konversinya nihil sama sekali.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara pasang iklan di Facebook alias Facebook Ads ini?
Pixabay
Dalam beriklan di Facebook, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:
1. Konten iklan

Sesungguhnya ada 3 konten (utama) yang bisa dipromosikan lewat Facebook, yaitu konten tulisan, gambar dan video.

Anda bisa memadukan konten tulisan dengan gambar, atau tulisan dengan video — semua terserah anda. Tapi yang perlu diperhatikan dalam berpromosi di Facebook, diperlukan strategi content marketing yang soft selling — bukan hard selling.

Seperti yang diketahui, orang-orang mengakses Facebook dengan tujuan untuk bercengkrama dengan teman, sahabat dan kerabat. Jadi, mereka tidak ada niatan untuk membeli barang. Untuk itu, gunakanlah strategi content yang soft selling, seperti membuat konten yang edukatif, tutorial yang bermanfaat dan lain sebagainya. Hindarilah content hard selling alias langsung jualan karena hal itu terkesan spam dan membuat audiens terganggu.

2. Jenis iklan

Dalam beriklan di Facebook, ada 2 jenis iklan yang bisa diterapkan, yaitu:
– Per interaksi (like, kunjungan web, komen, dll)
– Per 1000 tayangan.

Dalam memilih jenis iklan, jangan gunakan insting anda. Alangkah baiknya agar anda melakukan riset dengan bereksperimen terhadap kedua jenis iklan tersebut. Buatlah 2 iklan dengan konten, budget dan durasi yang sama — tapi yang satu per interaksi — dan yang satunya per 1000 tayangan. Lihatlah iklan mana yang menghasilkan konversi paling bagus. Selanjutnya, anda gunakan metode yang paling menghasilkan untuk diterapkan di iklan-iklan yang selanjutnya.
3. Budget iklan

Ketika anda baru memulai beriklan di Facebook Ads, alangkah baiknya dengan praktek menggunakan budget yang minim. Tapi ya itu tadi, gunakan strategi ‘diversifikasi’ terhadap 2 jenis iklan (per interaksi dan per 1000 tayangan). Selanjutnya anda bisa meningkatkan budget iklan, sedikit demi sedikit — apabila sudah menemukan metode yang paling efektif dan menghasilkan.

4. Target audiens

Poin ini adalah yang paling penting sekaligus paling rumit. Kesuksesan anda dalam beriklan di Facebook terletak pada poin ini. Anda sebisa mungkin harus bisa menargetkan audiens secara spesifik dan benar-benar tertarget. Dengan menentukan target yang akurat, niscaya konversi (penjualan) dari iklan anda akan sangat bagus.

Yang perlu diingat, dalam menargetkan audiens janganlah menggunakan insting. Sebisa mungkin gunakanlah riset dan eksperimen yang nyata — agar anda mendapatkan ‘data yang berharga’ untuk promosi selanjutnya.

Adapun target audiens di Facebook meliputi:
– usia
– minat
– demografi
– status (lajang/menikah)
– pendidikan
– jenis kelamin
– browser yang digunakan
– gadget yang digunakan
– profesi audiens
dan lain sebagainya.



5. Durasi dan jam tayang iklan

Anda juga harus memperhatikan durasi iklan (masa berlaku iklan), dan jam tayang iklan (setiap hari apa dan jam berapa). Semuanya juga perlu riset dan eksperimen yang nyata.
Lalu bagaimana cara pasang iklan di Facebook Ads?

Materi tentang cara memasang iklan di Facebook lumayan panjang. Untuk itu kami merangkumnya dalam 1 artikel yang bisa anda pelajari di:

Penutup

Facebook Ads merupakan media tempat beriklan yang disukai internet marketer, selain Google Adwords. Selain murah, apabila tekniknya benar — maka hasilnya pun akan sangat memuaskan.
Jadi, jangan sia-siakan pangsa pasar di Facebook yang memiliki pengguna aktif sebanyak 1,3 milliar ini. Hindarilah menggunakan Facebook untuk kegiatan yang kurang produktif, seperti curhat, debat politik, kepoin mantan dan lain sebagainya. Maksimalkan segala potensi yang ada di Facebook, guna memajukan bisnis anda.
Demikian artikel dari kami mengenai cara pasang iklan di Facebook Ads. Semoga materi yang singkat ini bisa memberikan gambaran teknik promosi yang bisa anda terapkan pada bisnis anda.
Semoga bermanfaat!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here