Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 4, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Pelajari 2 Cara Promosi di Facebook Berikut Ini

Facebook diketahui merupakan jejaring sosial terbesar di dunia. Saat ini, jumlah pengguna aktif media sosial buatan Mark Zuckerberg itu telah mencapai 1,3 milliar lebih. Tentunya jumlah yang sangat banyak ini bagus untuk mempromosikan produk, jasa, website dan bisnis yang anda miliki.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk berpromosi via Facebook?
Ilustrasi dari Pixabay
Berpromosi di Facebook menjadi salah satu tren di kalangan internet marketer dunia. Hal itu dikarenakan besarnya pengguna Facebook, memungkinkan untuk memasarkan produk jadi lebih mudah dan efisien. Namun, kita harus tahu bahwa berpromosi di Facebook itu tak bisa sembarangan. Hal itu dikarenakan:
1. Tujuan orang mengakses Facebook bukan untuk membeli sesuatu. Mereka membuka Facebook hanya sekedar untuk bercengkrama dengan teman-teman atau kerabatnya. Jadi, berpromosi di Facebook kurang etis kalau langsung hard selling. Alangkah baiknya kita menggunakan content marketing yang sifatnya soft selling, agar tidak terkesan spam.

2. Pengguna Facebook itu banyak sekali, dan minat serta demografinya pun beragam. Kita harus benar-benar bisa menargetkan audiens sebelum berpromosi. Tujuannya agar promosi kita lebih efektif dan tidak terkesan ‘salah sasaran’.
Lalu bagaimana cara berpromosi via Facebook?

Sebenarnya ada 2 cara yang biasa digunakan dalam promosi lewat Facebook, antara lain:
1. Promosi gratis
Promosi Gratis biasanya dilakukan dengan:
– Membuat fanpage Facebook yang menjual produk-produk anda. Kemudian undang teman-teman anda untuk menyukai fanpage tersebut.
– Sering-sering update status mengenai tutorial, manfaat dan kelebihan dari produk anda. Sebisa mungkin gunakan strategi soft selling.
– Anda juga bisa berpromosi di grup-grup Facebook yang relevan dengan produk anda. Namun, hindarilah grup yang isinya jualan semua, karena hal itu sangat dibenci pembeli. Carilah grup yang tidak banyak post tentang jualan produk, kemudian bergabung di grup tersebut. Setelah diterima, anda bisa ngepost konten-konten yang sifatnya soft selling tadi.


2. Promosi berbayar (FB Ads)
Selain bisa dengan gratis, promosi di Facebook juga bisa dilakukan dengan berbayar, yaitu menggunakan Facebook Ads.
Beriklan di Facebook Ads akhir-akhir ini semakin diminati, lantaran tarif iklan yang sangat murah. Namun, hal itu hanya berlaku bagi mereka yang sudah mahir dalam menargetkan audiens. Bagi yang belum mahir, seringkali rugi dalam beriklan — lantaran konversi yang sedikit atau bahkan nihil.
Untuk materi tentang beriklan di Facebook, selengkapnya bisa dibaca di:


Melihat besarnya potensi yang ada di Facebook, alangkah baiknya agar anda ikut terjun dalam mempromosikan bisnis lewat Facebook. Manfaatkanlah jejaring sosial tersebut untuk kepentingan bisnis, dan hindarilah kegiatan-kegiatan seperti; membuat status galau, baper, berdebat tentang politik, saling hujat, kepoin mantan dan lain sebagainya. Intinya, lakukanlah kegiatan yang lebih produktif dan menghasilkan, ketimbang melakukan sesuatu yang ‘sia-sia’ lewat jejaring tersebut.
Demikian artikel dari kami tentang 2 cara berpromosi via Facebook. Semoga artikel yang singkat ini bisa memberikan manfaat bagi sobat semua.
Ayo segera ACTION!!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here