Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Feb 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

Enaknya Jadi Blogger, Tak Ada Aturan Dan Ikatan Kerja

pixabay

Sobat-sobat netizen, kali ini saya akan berbagi sebuah cerita tentang enaknya menjadi blogger. Jadi blogger itu enak karena tak ada aturan dan ikatan kerja. Kerja kita cukup menulis dan menulis, simpel bukan?

Menjadi blogger merupakan salah satu profesi yang bagi sebagian orang dianggap tak wajar. Profesi blogger merupakan salah satu profesi yang tidak pasti dan cenderung dianggap bukanlah profesi — melainkan hanyalah hobi. Maka dari itu, masyarakat masih tidak percaya ada orang yang bisa kaya dari blog. Tapi, ya sudahlah. Jangan dengerin omongan orang :D.
Bicara tentang menjadi blogger, ada yang bilang sulit sekali mencari uang dengan cara ini. Memang kalau mengharapkan penghasilan dari iklan PPC atau Affiliasi bakalan lebih sulit mendapatkan uang. Tapi kalau mencari uang dengan blog — untuk menjual produk atau menjual jasa, sepertinya lebih cepat dalam mendapatkan penghasilan (ketimbang PPC dan Affiliasi).
Tapi yang dibahas di sini bukanlah tentang cara mendapatkan uang dari blog, karena hal itu sudah di bahas di artikel sebelumnyaYang dibahas di sini adalah tentang enaknya jadi blogger karena tak ada aturan dan ikatan kerja. Serta asyiknya kerja tanpa adanya ikatan waktu.
Bagi yang pernah atau masih bekerja sebagai karyawan, pasti tahu bagaimana rasanya terikat waktu dan aturan kerja. Ada istilah yang mengatakan 6P (Pergi Pagi Pulang Petang Penghasilan Pas-Pasan) yang sangat tepat untuk menggambarkan bagaimana rasanya menjadi karyawan. Tapi, tiap-tiap orang memiliki pandangan yang berbeda akan hal ini. Ada yang lebih suka tantangan (entrepreneur), ada juga yang lebih suka kepastian penghasilan (karyawan). Semua terserah kalian :D.
Tapi tetap saja, saya menilai kalau jadi blogger itu lebih enak, kerja semaunya, tidak fulltime dan banyak lagi kelebihan-kelebihan lainnya yang sulit dijelaskan. Apalagi kalau penghasilannya mencapai 4 digit perbulan — pasti wow banget dah ๐Ÿ˜€
Walau begitu, meskipun kerjaannya enak — menjadi blogger itu harus butuh kerja keras, fokus dan konsisten yang tinggi agar bisa sukses. Karena menjadi blogger sukses merupakan impian para blogger sekalian termasuk saya sendiri. Dan apabila blogging tidak menghasilkan uang, sama saja bukan profesi. Karena yang namanya profesi pastilah menghasilkan uang.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here