Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 4, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

5 Tips Jitu Facebook Ads, Pemula Pun Bisa Menerapkannya!

Akhir-akhir ini beriklan di Facebook Ads semakin diminati, sama halnya dengan Google Adwords. Selain karena penggunanya yang banyak, beriklan di Facebook Ads juga murah, dan tentunya sangat efektif.
Meskipun murah dan efektif, namun beriklan di FB Ads harus tahu cara-caranya — agar budget iklan anda tidak sia-sia. Maka dari itu, di sini akan dipaparkan mengenai tips beriklan di Facebook Ads khusus untuk pemula.
Lalu, seperti apakah tipsnya?
Tips Facebook Ads untuk pemula
Berikut ini 5 tips jitu beriklan di FB Ads, khusus untuk pemula, diantaranya:
1. Menentukan audiens yang tepat
Di sinilah letak keberhasilan dalam sebuah kampanye iklan di Facebook Ads. Bagaimana caranya agar bisa menargetkan audiens yang tepat, yang memiliki minat terhadap produk yang anda jual. Semakin spesifik targetnya, maka semakin efektif iklan yang dijalankan.
Kesalahan yang dilakukan orang-orang dalam menargetkan audiens yakni memilih audiens yang terlalu general (umum). Alhasil, iklan sering muncul di timeline beberapa orang yang tak memiliki minat terhadap iklan tersebut.
Jadi, menargetkan audiens dalam menjalankan kampanye Facebook Ads, usahakan jangan terlalu umum. Tentukan jangkauan daerah yang tepat, usia, jenis kelamin, status, minat audiens, dan lain-lain — yang sebisa mungkin harus sesuai dengan produk yang anda jual.
Apabila anda kesulitan dalam menargetkan audiens secara manual, anda bisa menggunakan tools Facebook Marketing yang akurat dan terbukti berhasil meningkatkan konversi. Silahkan lihat di:
2. Trial dan error tampilan iklan anda, sebelum beriklan secara besar-besaran

Cara terbaik untuk menguji tampilan iklan anda adalah dengan mencoba tampilan iklan yang ada — dengan budget kecil dulu. Apabila bagus, barulah anda mulai beriklan dengan budget yang lebih besar.
Yang patut anda ingat, dalam beriklan di Facebook Ads, jangan pernah mengandalkan insting. Gunakanlah riset, trial, dan error agar didapat data yang akurat — untuk menjalankan kampanye iklan yang selanjutnya.
3. Maksimalkan sponsored story (cerita bersponsor)
Cerita bersponsor adalah cara yang baik untuk mendatangkan traffic dari Facebook Ads. Biasanya sesuatu yang disponsori atau direkomendasikan oleh teman berpotensi menghasilkan konversi yang lebih besar. Sama halnya ketika teman anda merekomendasikan anda sesuatu barang yang bagus. Pasti anda akan lebih percaya dibanding penjual yang merekomendasikannya kepada anda.
So, manfaatkanlah fitur ini dengan sebaik-baiknya.
4. Manfaatkan fitur CPM Optimize
Fitur Facebook Ads yang satu ini dikenal memiliki manfaat yang besar, namun berpotensi menimbulkan ‘bahaya’ yang juga besar.
Apabila anda seorang pemula lebih baik berhati – hati menggunakan fitur ini, karena berpotensi tak bisa mengontrol budget per CPM nya. Untuk itu, usahakan agar anda bisa membatasi budget harian — agar budget anda tak cepat habis.
Adapun fitur CPM Optimize ini hanya akan tampil ketika anda mengiklankan Fan Pages atau Aplikasi. Kalau URL external tidak akan muncul fitur ini.
5. Trial dan error metode CPM dan CPC
Di dalam Facebook Ads ada 2 macam perhitungan biaya iklan yang mereka terapkan, yaitu berbasis CPM (dihitung per 1000 tampilan), atau CPC (dihitung per interaksi).
Guna memilih metode mana yang paling tepat, usahakan selalu tes terlebih dahulu antara CPC dan CPM, yakni jalankan iklan secara bergantian dengan biaya yang sama dan durasi yang sama. Yang mana yang konversinya paling bagus, metode itulah yang akan anda jalankan untuk iklan tersebut (seterusnya).
Seperti dalam menargetkan audiens, jangan pernah mengandalkan insting dalam menentukan metode iklan. Setiap iklan memiliki hasil yang berbeda-beda, tidak ada yang pasti mana yang lebih baik CPC atau CPM. Jadi solusinya hanya TESTING — alias trial dan error.
Baca juga:



Itulah dia 5 tips beriklan di Facebook Ads, khusus untuk pemula. Semoga anda bisa menerapkan tips-tips di atas dengan baik, agar kampanye iklan anda lebih efektif dan menguntungkan.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here