Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Feb 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

5 Jenis Produk yang Laris Manis Kalau Dijual via Facebook

Berjualan online via Facebook? Kenapa tidak?
Bagi yang ingin berjualan online, namun tak sanggup membangun website/toko online — maka berjualan di Facebook adalah solusi yang paling tepat. Mengapa disebut tepat? Jawabannya karena Facebook memiliki fitur Fanpage yang memungkinkan sebagai pengganti website/toko online. Selain itu, jumlah pengguna aktif Facebook yang mencapai  1,3 milliar memungkinkan untuk dijadikan ‘pangsa pasar’ yang bagus untuk menjual produk anda.
Terlepas dari berbagai kelebihan dalam berjualan online via Facebook, muncul sebuah pertanyaan, “kira-kira produk apa yang bakalan laris kalau dijual di Facebook?
Ada yang tahu jawabannya?
Ilustrasi dari Pixabay
Sebelum mengetahui jenis produk yang tepat untuk dijual di Facebook, ada baiknya agar kita mengenal karakteristik ‘pangsa pasar’ kita itu. Ingat, prinsip bisnis ala Onlenpedia.com, “dalam berbisnis janganlah mengandalkan ‘insting’ semata — tapi lakukanlah RISET yang nyata guna menghasilkan DATA yang berguna untuk bahan praktek bisnis anda!”
Jadi, kita harus meriset dulu hal-hal seperti:
1. Tingkah laku pengguna Facebook
2. Apa saja yang mereka lakukan di Facebook?
3. Berapa lama mereka mengakses Facebook?
4. Seberapa intens mereka mengunjungi Facebook?
5. Pada jam berapa Facebook ramai pengunjung?
6. Bagaimana strategi ‘content marketing’ untuk berjualan di Facebook?
7. Apakah bisa langsung ‘jualan’ di Facebook?
dan masih banyak lagi..
Ingat!! RISET dulu sebelum mengambil KEPUTUSAN dan melakukan LANGKAH-LANGKAH selanjutnya!
Produk yang laris dijual di Facebook

Berikut ini jenis-jenis produk yang biasanya laris manis apabila dijual di Facebook, antara lain:

1. Produk fashion


Produk fashion adalah produk yang selalu berkembang dari masa ke masa. Produk seperti ini juga mampu memberikan ‘daya tarik’ tersendiri bagi calon pembeli, khususnya kaum hawa. Jadi disarankan agar menjual produk-produk fashion (khusus wanita) via Facebook.

Produk yang dijual bisa hijab, tas, sepatu, pakaian, aksesoris dan lain sebagainya.



2. Prodik kecantikan

Pangsa pasar berupa produk wanita memang sangat menggiurkan. Seperti yang diketahui, wanita memiliki banyak kebutuhan dalam hidupnya. Selain itu, wanita juga sangat mudah ‘lapar mata’ dan membeli sesuatu yang dia sukai.

Salah satu produk yang cukup laris dijual di Facebook adalah produk kecantikan wanita. Namun patut diingat — agar produk yang dijual harus benar-benar memiliki reputasi yang bagus dalam hal perawatan kecantikan. Tujuannya agar pembeli berlangganan untuk membeli produk tersebut.


3. Produk-produk unik / tak biasa

Banyak sekali produk-produk unik / tak biasa yang bisa menjadi ‘daya tarik’ orang untuk membelinya. Biasanya produk-produk ini adalah produk impor dari China yang memiliki inovasi dalam membuat produk yang unik. Apabila anda menjual produk seperti ini di Facebook, tentunya akan membuat pengguna Facebook tertarik — lantaran produk tersebut jarang mereka lihat di situs-situs jual-beli konvensional.


Baca juga:


4. Produk kuliner
Siapa bilang produk kuliner tak bisa dijual secara online?

Akhir-akhir ini banyak sekali yang memposting di Facebook tentang bisnis kuliner yang bisa diantar ke rumah. Namun sifat bisnis seperti ini cakupannya hanya untuk pasar lokal.

Bagi yang ingin pangsa pasar nasional, anda bisa menjual produk kuliner dalam kemasan, seperti cemilan, abon, bumbu racik dan lain sebagainya.

5. Produk digital

Produk digital juga tergolong laris dijual di Facebook. Sebut saja produk-produk seperti tools, software, eBook, video tutorial, theme website dan lain sebagainya. Namun, untuk produk-produk seperti ini penargetan audiensnya lebih sempit, yakni untuk kalangan pegiat dunia digital saja.

Meski begitu, tren penjualan produk digital seperti eBook memang sedang bagus di Indonesia. Jadi produk-produk seperti ini sangat bagus apabila dijual via Facebook — asalkan strateginya pas.

Sementara ini baru 5 produk di atas yang bisa kami rekomendasikan. Bagi sobat-sobat yang punya tambahan — silahkan tuliskan di kolom komentar.
Terlepas dari laris atau tidaknya produk, kembali lagi kepada RISET mendalam yang harus anda lakukan sebelum berjualan. Dari situ anda akan menemukan strategi yang tepat untuk memasarkan produk anda via Facebook, dengan tujuan meningkatkan omset bisnis anda.
Yang patut diingat, dalam berjualan di Facebook sebisa mungkin lakukan strategi soft selling. Strategi ini berupa pembuatan konten marketing yang lebih ‘halus’ ketimbang langsung jualan (hard selling). Kalau anda langsung jualan, biasanya akan mengganggu pengguna Facebook yang lain. Hal itu disebabkan karena di beranda maupun grup-grup Facebook sudah ‘tercemar’ dengan postingan-postingan berbau spam yang isinya jualan semua. Apakah anda mau dianggap seperti itu?
Baca juga:



Sekian dahulu postingan dari kami mengenai 5 produk yang laris dijual di Facebook. Semoga tulisan ini bisa memberikan masukan bagi sobat semua.
Ayo segera mulai bisnis anda!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here