Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Feb 21, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

3 Keuntungan Berjualan di Media Sosial Seperti Facebook dan Instagram

Onlenpedia.com | Dunia ecommerce kini juga merambah ke sosial media — di mana banyak penjual online yang berjualan di media-media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya, dan penjualan lumayan sering terjadi. Fenomena ini terkenal dengan sebutan social commerce, yang mana sosial media menjadi ‘tempat’ para penjual untuk menggelar dagangan secara online.

Pertanyaannya sekarang, apa saja keuntungan berjualan onlie via media sosial?
Jawabannya, bisa dilhat pada 3 keuntungan berikut ini!
Keuntungan berjualan via media sosial
1. Orang-orang Indonesia lebih banyak membeli produk via media sosial (social commerce)

Penjualan sukses, atau istilahnya closing — lumayan sering terjadi via media sosial. Hal itu disebabkan karena orang-orang Indonesia lebih banyak mengakses media sosial, ketimbang mengunjungi toko-toko online. Dan tentu mereka juga sering ‘bercengkrama’ dengan produk-produk yang muncul di timeline mereka.
Ketika sedang asyik berselancar di Facebook ataupun Instagram, kadang ada muncul iklan-iklan produk yang membuat mereka tergiur. Iklan-iklan tersebut dibuat oleh para penjual online, dan menargetkan audiens dengan minat yang sama dengan produk yang mereka jual. Hasilnya, closing pun sering terjadi berkat strategi social commerce yang mereka jalankan.

2. Pangsa pasar mudah diidentifikasi
Para pengguna media sosial memiliki karakter umum yang bisa diidentifikasi. Misalnya Instagram yang lebih sering digunakan kawula muda, dan Facebook yang memiliki pengguna di kalangan usia lebih matang.
Dengan melihat karakteristik tersebut, tentu lebih mudah dalam menyasar pasar berdasarkan produk yang anda jual. Misalnya, anda menjual produk fashion khusus anak muda — maka Instagram menjadi ‘wadah’ yang tepat untuk anda berpromosi. Atau anda menjual produk-produk kebutuhan bayi, maka anda bisa berpromosi via Facebook.
3. Tak perlu susah payah membuat web toko online

Apabila anda berjualan melalui media sosial, anda tidak harus susah payah membuat web toko online. Anda bisa membuat akun fanpage bisnis anda di Facebook, atau akun Instagram toko online anda.

Selanjutnya, anda bisa mem-boost postingan produk yang anda jual dengan menggunakan Facebook Ads atau Instagram Ads. Dengan begitu, produk anda akan dilihat lebih banyak pengguna yang tertarget dan memiliki minat yang besar untuk membeli produk yang anda jual.



Baca juga:



Di era media sosial yang kian menjamur, menjadikan media tersebut sebagai salah satu wadah yang potensial untuk berjualan online. Apalagi dengan ‘kultur’ masyarakat Indonesia yang sering membeli produk via media sosial, membuat peluang ini bisa anda garap semaksimal yang anda bisa.
Bagaimana menurut anda?

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here