Muamalah

Muamalah

Portal Islam

Mar 4, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking

3 Cara Memasang 'Iklan Gratis' di Internet

Berdasarkan riset, sebagian besar orang Indonesia menyukai segala sesuatu yang gratis. Inilah mengapa negara Indonesia tergolong BUKAN negara yang premium — karena orang-orangnya selalu mencari ‘cara gratis’ ketimbang harus bayar.
Salah satu hal gratisan yang paling sering dicari orang Indonesia adalah dalam hal beriklan. Tentunya hal ini sangat jarang ditemukan, lantaran kebanyakan orang beriklan pasti bayar. Namun, di sini akan dibahas mengenai cara memasang iklan gratis di internet.
Seperti apakah caranya?
Ilustrasi dari Pixabay
Banyak yang berdalih, “kalau ada yang gratisan, kenapa harus berbayar?”
Ungkapan di atas sering diucapkan oleh sebagian besar orang Indonesia, dan ucapan di atas tak sepenuhnya salah. Hal itu dikarenakan ‘sesuatu yang gratis’ itu memang ada — meskipun banyak kekurangannya.
Salah satu hal gratis yang paling dicari adalah, dalam hal beriklan. Meskipun ada caranya, namun metode ini memerlukan pengorbanan — yaitu usaha yang massiv dan terus menerus. Ketika kita tak punya uang untuk membayar, setidaknya kita memiliki usaha dan kerja keras yang bisa kita tonjolkan — agar hasil yang kita dapatkan tak mengecewakan. Namun, apabila kita tak punya uang plus PEMALAS, jangan harap bisa menuai hasil yang memuaskan.
Balik lagi ke topik utama, yaitu cara pasang iklan gratis. Di sini akan kami paparkan mengenai 3 cara memasang iklan gratis di internet. Mereka antara lain:



1. Melalui grup-grup Facebook


Mungkin hal seperti ini bukanlah beriklan, melainkan memasarkan produk di situs gratis. Ya, anda bisa menggunakan cara gratisan di Facebook, yakni dengan promosi di grup-grup yang relevan.
Meskipun cara ini tergolong ‘mainstream’, setidaknya anda bisa berkreasi dengan cara anda sendiri — agar terlihat ‘beda’. Contohnya, anda bisa promosi dengan mengepost gambar yang lucu (meme), melalui konten-konten unik yang isinya disisipkan pesan promosi dan dengan cara-cara kreatif lainnya. Ingat, lakukan dengan cara yang massiv, agar hasilnya tidak mengecewakan.

2. Melalui forum-forum yang relevan

Senada dengan poin pertama, poin kedua ini juga disebut dengan promosi gratisan. Caranya adalah, dengan membuat thread yang isinya edukasi, tutorial dan lain sebagainya — kemudian diakhiri dengan promosi produk. Ingat, memposting thread harus di forum-forum yang relevan dengan bisnis anda.
Selain itu, anda juga harus aktif berkomentar di thread lainnya, dengan menyertakan signature berisi link produk anda di bawah komentar anda. Semakin massiv anda melakukan cara ini, semakin besar kemungkinan konversi (penjualan) yang anda dapatkan.

3. Menjadi kontributor di blog-blog besar yang relevan

Sama seperti poin 1 dan 2, poin ketiga ini juga disebut dengan promosi gratisan. Caranya adalah dengan menjadi kontributor di blog-blog besar yang temanya relevan dengan produk yang anda jual.
Tuliskan postingan yang isinya bermanfaat — agar mendapatkan attention dan interest dari pembaca. Sehabis itu, sisipkanlah ‘pesan promosi’ yang mengarah ke produk yang anda jual.
Lakukan hal ini secara rutin dan massiv, agar bisnis anda bisa menghasilkan konversi yang bagus. Ingat, siapa yang kerja kerasnya paling konsisten — dialah yang akan sukses.
Baca juga:



Sesungguhnya cara memasang iklan gratis di internet bukanlah hal yang sulit. Namun, karena semua orang melakukan metode yang sama — sehingga timbul -lah persaingan yang ketat dan memungkinkan anda untuk ‘kalah’ bersaing.
Untuk itu, apabila anda memiliki uang, alangkah baiknya agar memasang iklan berbayar. Tujuannya agar bisnis anda lebih efektif, dan lebih banyak mendatangkan konversi.
Demikian artikel singkat dari kami mengenai cara pasang iklan gratis di internet. Semoga cara ini bisa anda terapkan, khususnya bagi anda yang benar-benar tak memiliki uang untuk membayar iklan.
Ayo segera ACTION!!

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here